SEMTA 2021

SEMTA 2021

APPBIPA Jepang kembali mengadakan Seminar Tahunan pada tahun 2021. Seminar yang dilakukan secara daring ini mengangkat tema “Penyertaan Seni Budaya dalam Pengajaran BIPA”. Acara yang diikuti oleh anggota APPBIPA dari seluruh dunia ini dibuka oleh Kepala Badan Bahasa, Kemdikbud RI, Prof. Endang Aminudin Aziz, M.A., Ph.D.

Selama dua hari pelaksanaan, yaitu 25 – 26 September 2021, seminar ini menampilkan empat pembicara. Sesi pertama Prof. Dr. Ir. Yusli Wardiatno, M.Sc. (Atase Pendidikan dan Kebudayaan, KBRI Tokyo, Jepang) dengan judul “Peran Atdikbud KBRI Tokyo dalam Diplomasi Bahasa dan Budaya di Jepang”. Dilanjutkan dengan sesi kedua, oleh Dr. Felicia Utorodewo, M.Hum. (Dewan Penasihat APPBIPA Pusat/ Universitas Indonesia) dengan judul “Menyiapkan Seni Budaya sebagai Bagian dalam Pengajaran BIPA”. Pada hari kedua, seminar disampaikan oleh Prof. Koichi Minagawa, M.A. (Kanda University of International Studies, Jepang) Judul: “Penyertaan Gamelan dalam kegiatan Program Bahasa Indonesia di KUIS”. Ditutup dengan sesi keempat, oleh M. Bundhowi (Dewan Penasihat APPBIPA Pusat/Museum Rudana, Bali) dengan judul “Perspektif Lintas Budaya dalam Pengajaran BIPA”.

Selain seminar, APPBIPA Jepang juga mengadakan Musyawarah Cabang. Pada kesempatan Muscab ini, anggota APPBIPA Jepang kembali memilih Prof. Suyoto untuk memimpin APPBIPA Jepang pada periode 2021—2025.

Post Your Comment Here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.