PENJARINGAN TOKOH PENGGAGAS “BAHASA PERSATUAN INDONESIA"

Persatuan Indonesia merupakan modal dasar atau—bahkan—yang paling mendasar untuk membangun manusia Indonesia. Unsur utama proyek pembangunan manusia yang berbangsa Indonesia adalah bahasa Indonesia. Keindonesiaan sebagai sebuah bangsa dengan kehendak bersatu atas kesamaan bahasa (bukan kesamaan agama/etnis) telah digagas sehingga dapat diproyeksi ke belakang dan ke depan untuk mewujudkan Indonesia “Emas” pada tahun 2045.

PENJARINGAN TOKOH PENGGAGAS “BAHASA PERSATUAN INDONESIA”

Ibu/Bapak/Saudara diundang untuk berpartisipasi dalam kegiatan Penjaringan Tokoh Penggagas “Bahasa Persatuan Indonesia” menuju penganugerahan kebahasaan Tokoh Pahlawan Nasional pada tahun 2019.

Persatuan Indonesia merupakan modal dasar atau—bahkan—yang paling mendasar untuk membangun manusia Indonesia. Unsur utama proyek pembangunan manusia yang berbangsa Indonesia adalah bahasa Indonesia. Keindonesiaan sebagai sebuah bangsa dengan kehendak bersatu atas kesamaan bahasa (bukan kesamaan agama/etnis) telah digagas sehingga dapat diproyeksi ke belakang dan ke depan untuk mewujudkan Indonesia “Emas” pada tahun 2045. Untuk itu, berdasarkan arahan PP No. 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia, penganugerahan tokoh penggagas “Bahasa Persatuan Indonesia” dilakukan oleh Badan Bahasa melalui program kegiatan Pusat Pembinaan guna meningkatkan keteladaan dan suasana kondusif dalam hal penggunaan bahasa Indonesia sebagai sarana pembangunan tersebut. Hasil kegiatan ini ditindaklanjuti untuk mengusulkan gelar tokoh pahlawan nasional.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.